Sabtu, 16 April 2016

Islam Rahmatan Lil Alamin

Bismillahirrohmanirrohim

Menurut pandangan Islam, individu adalah bagian dari jamaah atau masyarakat. Masing-masing individu mempunyai peranan yang berbeda. Seperti layaknya tubuh, masing-masing organ mempunyai fungsi yang berbeda. Ketika satu organ (individu) sakit atau rusak, maka organ (individu) yang lain akan sakit atau rusak juga.

Tapi masyarakat terbentuk bukan hanya dari individu saja, melainkan harus mempunyai pemikiran yang mengikat, perasaan yang sama dan satu aturan untuk menjadi solusi untuk memecahkan masalah ditengah masyarakat.

Aturan yang Allah buat bukan untuk membatasi manusia tapi untuk mensejahterakan manusia. Islam datang melalui Rasulullah bukan tanpa tujuan melainkan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam.

"Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam." (QS. Al-Anbiya : 107)

Didalam Islam, Allah memberikan seperangkat aturan agar tercapainya 8 tujuan pokok, yaitu melestarikan eksistensi manusia, menjaga akal, kehormatan, jiwa, pemilikan individu, agama, keamanan, dan negara.

Ketika 8 tujuan pokok itu telah terpenuhi, maka masyarakat tidak akan mencari-cari aturan lain selain aturan Islam.

Maka disinilah peranan Islam untuk mengatur individu agar mempunyai satu komando agar kerusakan itu bisa diperbaiki. Aturan Islam ini akan diterapkan ketika sistem yang digunakan adalah sistem yang sesuai dengan syariat Islam, yaitu Sistem Syariah Khilafah.

#IslamRahmatanLilAlamin

Wallahu'alam

Penulis: Siti Mawadah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar